Perbankan Elekronik (bahasa Inggris: E-banking) E-banking yang
juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi,
pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank
yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang
menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan
Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko
Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi
teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab
keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah
dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari
mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan
meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan
pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank
konvensional.
Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking,
maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri
perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank
memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet,
memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data
pribadinya.
Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain :
- layanan dapat dijangkau dari mana saja
- aplikasi mudah digunakan
- murah
- dapat dipercaya
- dapat diandalkan (reliable).
- Business expansion
- Customer loyality
- Revenue and cost improvement
- Competitive advantag
- New
business model
Customer loyality
- Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
- Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
- Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
- Perbankan Daring (Internet Banking)
- Sistem Kliring Elektronik
- Bank
Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem
Informasi Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan komunikasi
dalam layanan perbankan, atau lebih populer dengan istilah perbankan
elektronik (electronic banking)
Perbankan Daring
- Transfer dana,
- Informasi saldo
- Mutasi rekening
- Informasi nilai tukar
- Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, rekening telepon, rekening listrik, asuransi)
- Pembelian (misal: pulsa ponsel, tiket pesawat, saham)
- Transfer dana
- Informasi saldo
- Mutasi rekening
- Informasi nilai tukar
- Pembayaran (kartu kredit, rekening listrik, rekening telepon, asuransi
- Pembelian
(pulsa isi ulang, saham).
Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen
perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta
Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI,
BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan
keuntungan kepada pihak bank antara lain:
Business expansion.
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk
beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya
meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada
phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat
menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada
internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang
dan waktu.
Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih
nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di
bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank
saja.
Revenue and cost improvement.
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking
dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
Competitive advantage.
Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan
dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu
dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas
Internet Banking.
New business model.
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru.
Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi:
Jenis layanan
Perbakan daring (online banking) pada dasarnya merupakan gabungan
dua istilah dasar yaitu daring (online) dan perbankan (banking). Saat ini
internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan
pengguna lebih dari 100 juta orang. Dapat melakukan transaksi perbankan
(finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan
internet bank.
Jenis transaksi :
Perbankan bergerak
Perbankan bergerak (mobile banking) adalah layanan perbankan yang
dapat diakses langsung melalui telepon seluler GSM dengan menggunakan SMS.
Jenis transaksi:
Referensi
: http://kayudha.blogspot.com/2014/05/elektronik-banking.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar